SESUAIKAN DIRI ANDA DENGAN KADAR SESUATU YANG TERSIMPAN DALAM JATIDIRI ANDA Home
TI Punya
Lain-lain

Kamis, 09 Agustus 2012

Gunung Kapur Jambuh:Tujuan Pekerja Tujuan Wisata

Madura adalah sebuah pulau di timur pulau jawa.  Berdasarkan letak geografis Madura tidak memiliki pegunungan yang ada hanyalah dataran tinggi dan bukit.  Biasanya bukit ini tersusun atas batu kapur.  Orang Madura menyebutnya “Gunong Kapor” (Gunung kapur) walau tingginya tidak masuk kriteria minimum sebuah gunung.
Oke, sudah basa basinya.  Abdina adalah putra asli Madura.  Jadi tak pantas kalau seorang putra asli Madura tidak tau seluk beluk Madura dan tak pernah tau tempat-tempat eskotik di Madura.
Tiap kali  menuju Rumah nenek, aku biasanya lewat Jalan Halim Perdana Kusuma.  Jalan ini tak terlalu istimewa karena letaknya dipinggiran kota dan pada sisi jalan dibatasi hamparan sawah yang luas.  Namun yang membuat Jalan ini istimewa adalah Pemandangannya.  Nampak dari jauh kira-kira radius 5 KM terdapat sebuah bukit.  Dari kecil aku selalu bertanya pada diriku, kapan aku kesana?  Kapan aku menginjak kaki disana? Dan ada apa disana?
Pertanyaan tersebut pernah aku tanyakan pada ayah, namun jawabannya yang kurang memuaskan dan sulit aku gambarkan mungkin karena bukan aku sendiri yang ke sana.
Keinginanku untuk ke bukit itu terwujud pada saat aku tepat berusia 17 tahun, karena mendapat sedikit informasi dari teman satu sekolah kalau dia tau dimana tempat itu. Dia menuturkan kalau bukit tersebut berada diantara perbatasan Kelurahan Jambuh dan kelurahan Parseh. Tanpa pikir panjang aku membentuk tim ekspedisi bersama dua kawanku yang aktif dalam gerakan anti diabetes.  Karena kami anti diabetes, kami rela mengayuh sepeda dengan jarak 6 KM menuju tempat itu.
Hari Minggu pukul 06.00 WIB, kami berangkat.  1,5 jam jarak 6 KM kami tempuh.  Kami tiba di kelurahan Jambuh, tepat disebuah SD temanku yang akan menjadi penunjuk jalan telah menantiku.  Diperjalan aku penasaran dengan situasi tempat itu.

Ternyata Medannya sangat berat.
Lihat saja gambar dibawah ini.  Sebuah Mobil pengangkut tampak kesulitan untuk menuju TKP.   Kalu boleh cerita waktu itu si sopir menginjak gas dengan kasar, bunyi mesin juga tidak enak didengar.  Nampaknya mobil itu akan mundur karena kemiringan bidang yang lebih dari 45 derajat.  Tapi mungkin karena sopirnya bekas pembalap offroad dia berhasil membawa mobil melewati rintangan


Di Jalan kami tidak lupa sesi foto bersama teman-temanku yang sudah hampir 6 bulan berjuang untuk memerangi diabetes dengan cara ekspedisi menggunakan sepeda.  Jangan diliat wajahnya, walau pas-pasan sudah banyak kilometer aku tempuh bersama mereka.


langsung aja deh  abdina share fotonya, kriting nih dari tadi tangan buat ngetik
itu semua baru pemandangan waktu diperjalanan.  Sebenarnya aku menuju puncak teringgi di bukit ini.
Foto sendirian dulu

3 anggota gerakan anti diabetes, 1 kameramen
3 anggota gerakan anti diabetes, 1 kameramen
Belum puas nih kalau gak cerita pemandangan di puncak bukit.  Tanpa teks, langsung gambar aja
kendaraan tempur
Puas mengkhayal, dan melihat pemandangan dari atas bukit kami pulang.  Dalam perjalanan pulang kami mengalami kesulitan.  Karena jalan pulang dikelilingi tebing, kami coba melewati tebing namun selalu di akhiri oleh jurang.  Ketika melintasi tebing lain selalu disambut oleh jurang.  Awalnya kami pesimis bisa pulang dengan selamat, untung saja kami bertemu seorang bapak yang sedang memecah batu di pinggir tebing untuk dijual.  Dia memberi kami petunjuk agar kami bisa pulang dengan selamat.  dan ternyata si bapak adala orang baik, sarannya kami turuti semua dan kami tiba di perkampungan di kaki bukit kapur ini.
Puas deh, keinginan masa kecilku bisa aku laksanakan.  Awalnya aku berpikir mustahil aku kesana mengingat jadwal sekolah yang begitu padat
Foto-Foto perjalanan pulang
lapak para pencari nafkah di tebing bukit kapur jambuh

Tidak ada komentar: