SESUAIKAN DIRI ANDA DENGAN KADAR SESUATU YANG TERSIMPAN DALAM JATIDIRI ANDA Home
TI Punya
Lain-lain

Sabtu, 27 Agustus 2011

Memuaskan, Namun Masih Kalah dari Yordania

KOMPAS.com - Indonesia dipaksa menelan kekalahan 0-1 dalam laga persahabatan melawan Yordania di Amman International Stadium, Sabtu atau Minggu (28/8/2011) dini hari WIB. Namun, permainan Indonesia cukup memuaskan. Apalagi, gol tuan rumah yang diciptakan Abdullah Deeb lebih karena kesalahan Markus Horison dalam mengantisipasi bola tendangan penjuru.

Pelatih Wim Rijsbergen menurunkan duet Bambang Pamungkas dan Cristian Gonzales di lini depan. Gonzales pun langsung melepaskan ancaman pertama pada menit ke-4. Dari luar kotak penalti, Gonzales melepaskan tembakan keras. Sayang, bola tembakan penyerang Persib Bandung itu masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Yordania, Amer Shafia.

Ancaman itu dibalas oleh tendangan jarak jauh yang dilepaskan Ahmed pada menit ke-12. Namun kiper Indonesia, Ferry Rotinsulu, masih sigap mengamankan gawangnya.

Tidak membiarkan tim tuan rumah mengembangkan permainan, Indonesia kembali menekan. Pada menit ke-17, M Ridwan nyaris mengoyak gawang Yordania usai memaksimalkan umpan Gonzales. Sayang, tembakan Ridwan masih melebar ke sisi kiri gawang Yordania.

Hanya berselang tiga menit, gawang Indonesia mendapatkan ancaman lewat tembakan Amer Deeb. Beruntung, Ferry masih bisa menggagalkan tembakan gelandang berusia 31 tahun itu.

Di tengah usaha Bambang Pamungkas dan kawan-kawan menciptakan gol, Ferry Rotinsulu tidak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami cedera pada menit ke-29. Cedera ia dapat saat mencoba menghalau bola dan dalam saat yang sama pemain lawan menendang, hingga tangannya kesakitan. Posisi Ferry digantikan oleh Markus Horison.

Setelah itu, Indonesia kembali melancarkan ancaman. Serangan Indonesia terlihat lebih banyak dari sektor sayap yang ditempati Muhammad Ridwan dan Muhammad Ilham. Pergerakkan kedua pemain tersebut kerap membuat lini pertahanan Yordania pontang-panting.

"Tim Garuda" memiliki peluang emas jelang turun minum. Dari sektor kiri pertahanan Yordania, Muhammad Ilham melakukan penetrasi dan melepaskan umpan ke kotak penalti. Ridwan yang berdiri bebas langsung melepaskan tembakan keras. Namun, tembakan Ridwan masih bisa digagalkan oleh Ammer Shafia. Indonesia pun terpaksa bermain imbang tanpa gol pada babak pertama.

Selepas turun minum, Indonesia dikejutkan oleh gol cepat yang dilesakkan Yordania. Tendangan sepak pojok yang dilepaskan Abdullah Deeb langsung bersarang ke pojok kiri atas gawang Indonesia. Markus kurang akurat dalam mengantisipasi datangnya bola. Sehingga, meski berusaha menepis, bola akhirnya menusuk gawangnya juga.

Tak berselang lama, gawang Indonesia kembali mendapatkan ancaman lewat tembakan keras yang dilepaskan oleh Shadi Abu Hash'hash. Beruntung, Markus berhasil menaklukkan bola.

Tertinggal 0-1, Rijsbergeng melakukan perubahan. Pelatih asal Belanda itu memasukkan Irfan Bachdim dan Oktovianus Maniani untuk menggantikan Ridwan dan Ilham.

Akan tetapi, Indonesia terlihat kesulitan dalam menciptakan peluang. Serangan yang dibangun oleh Bambang Pamungkas dan kawan-kawan kerap kandas di lini tengah. Meski begitu, Indonesia belum menyerah. Hanya saja, usaha Indonesia belum membuahkan hasil. Rijsbergen mencoba memasukkan Ferdinand Sinaga untuk menggantikan Bambang Pamungkas. Namun, usaha ini juga tak mampu mengakhiri kebuntuan dan Indonesia akhirnya dipaksa menyerah 0-1.

Laga Amal Antara Milan dan Indonesia All Star Resmi Di Gelar

KOMPAS.com - Pertandingan amal antara AC Milan Glorie melawan Indonesia All Star Legends mendapat restu dari Federation Internationale de Football Association (FIFA). Hal ini diutarakan oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Jeremy Valcke.

Para legenda AC Milan akan datang ke Indonesia dan melakukan pertandingan amal pada 4 September mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno. AC Milan Glorie merupakan program yang terselenggara atas prakarsa PT. Asia Sport Development (ASD) dengan mengundang legenda-legenda AC Milan seperti Alessandro Costacurta, Franco Baresi, George Weah, Marcos Cafu, Serginho, Nelson Dida, Daniele Massaro, dan legenda-legenda lainnya.

"Kami membenarkan bahwa seluruh pihak yang berkepentingan seperti AFC, UEFA, FIGC, dan AC Milan sudah memberikan pengesahan sebagaimana diatur dalam peraturan FIFA mengenai pertandingan internasional," ujar Valcke dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Sabtu (27/8/2011).

CEO PT. ASD, Alan Solowiejczyk, lebih lanjut menjelaskan, seluruh detail tim AC Milan dan konfirmasi penerbangan dari Tokyo (Jepang) sudah diterima. Milan dipastikan akan tiba di Indonesia pada tanggal 1 September di Bali. Mereka akan menikmati liburan selama 2 hari sebelum berangkat ke Jakarta pada tanggal 3 September. Alan juga mengatakan akan ada program spesial untuk Milanisti di Indonesia.

"Sebagai bagian dari perayaan Idul Fitri 1432 H kepada seluruh pecinta sepak bola di Indonesia, AC Milan Foundation dan Nadhlatul Ulama, akan mengadakan program 'Beli 1 Gratis 1' di semua kategori tiket baik melalui penjualan online maupun offline, yang dimulai pada hari Sabtu 27 Agustus 2011 pukul 10.00 hingga 28 Agustus 2011 pukul 22.00," jelas Alan.

Adapun, kisaran harga tiket pertandingan adalah sebagai berikut: VIP Barat : Rp. 1,250,000, VIP Timur : Rp. 750,000, Kategori 1: Rp. 150,000, Kategori 2: Rp. 100,000, Kategori 3: Rp. 50,000

Senin, 15 Agustus 2011

Apa Itu Linked LIst

Linked list tidak lain adalah suatu struktur data yg merupakan suatu rangkaian atau daftar record berjenis sama. Kemudian dihubungkan melalui bantuan pointer. Pengalokasian daftar dapat dilakukan secara dinamis sehingga isi dari daftar dapat dimanipulasi. Untuk memahami linked list, terlebih dahulu anda harus tahu konsep pointer dan pengalokasian memori

Coba anda bayangkan apabila anda mendeklarasikan array dari record(array of record) sebanyak 10 elemen. Setiap kali program dijalankan, maka akan memesan memory sebesar 10x ukuran record. Itu merupakan suatu pemborosan walaupun kita hanya menggunakan 5 elemen record.

Maka dari itu, biasanya para programer lebih memilih menggunakan linked list dalam pemrograman. Linked list dibedakan atas 2 jenis yaitu singly linked list dan doubly linked list.



Pada array, apabila programmer ingin menyimpan data, programmer diharuskan untuk mendefinisikan besar array terlebih dahulu, seringkali programmer mengalokasikan array yang sangat besar(misal 100). Hal ini tidak efektif karena seringkali yang dipakai tidak sebesar itu. Dan apabila programmer ingin menyimpan data lebih dari seratus data, maka hal itu tidak dapat dimungkinkan karena sifat array yang besarnya statik. Linked list adalah salah satu struktur data yang mampu menutupi kelemahan tersebut.



Secara umum linked list tersusun atas sejumlah bagian-bagian data yang lebih kecil yang terhubung (biasanya melalui pointer). Linked list dapat divisualisasikan seperti kereta, bagian kepala linked list adalah mesin kereta, data yang disimpan adalah gerbong, dan pengait antar gerbong adalah pointer.


Programmer membaca data menyerupai kondektur yang ingin memeriksa karcis penumpang. Programmer menyusuri linked list melalui kepalanya, dan kemudian berlanjut ke gerbong (data) berikutnya, dan seterusnya sampai gerbong terakhir (biasanya ditandai dengan pointer menunjukkan alamat kosong (NULL)). Penyusuran data dilakukan secara satu persatu sehingga penyusuran data bekerja dengan keefektifan On. Dibandingkan array, ini merupakan kelemahan terbesar linked list. Pada array, apabilan programmer ingin mengakses data ke-n (index n), maka programmer dapat langsung mengaksesnya. Sedangkan dengan linked list programmer harus menyusuri data sebanyak n terlebih dahulu.

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Searching dan Sorting ?

Dalam teknik sorting tedapat 4 algoritma untuk menyelesaikan suatu masalah. pasti bnyak cara-cara atau solusi yang dapat dilakukan, seperti halnya pembuatan program memiliki banyak teknik atau algoritma yang dapat digunakan salah satunya untuk kebutuhan shorting atau pengurutan pengumpulan data-data.
1. Straight Selection Sort. teknik sorting ini dibuat dengan cara melakukan pengecek’an 1 persatu, bila kita akan mengurutkan secara ascending maka kita lakukan pengecek’an nilai tempat yang pertama (index pertama pada array) bila lebih kecil daripada index berikutnya (index 1 dengan index 2, index 1 dengan index 3, ….. index 1 dengan index terakhi) maka kita lakukan pertukaran nilai pada array index tersebut. proses ini dilakukan terus menerus sampai pada pengecekan index terakhir – 1 dengan nidex terakhir.
2. Selection Sort.Teknik sorting ini dibuat dengan cara melakukan pengecek’an 1 persatu, bila kita akan mengurutkan secara ascending maka kita lakukan pengecek’an nilai tempat yang pertama (index pertama pada array)kita bandingkan dengan semua nilai yang ada kita cari nilai minimalnya. lalu simpan index/ letak nilai minimum itu di temukan, setelah pengecekan selesai tukar index awal pengecekan dengan nilai minimum yang telah di simpan tadi. Proses ini dilakukan terus menerus sampai pada pengecekan index terakhir min 1 dengan index terakhir. beda dengan streith selection sort adalah dengan teknik ini melakukan pertukaran nilai lebih sedikit, hanya jumlah data – 1 pertukaran. jadi waktu untuk melakukan proses sorting lebih cepat.
3. Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data – 1.
4. Modified Bubble Sort. Teknik ini dilakukan degan pola membawa nilai terbesar menjadi nilai index terakhir array. Jadi sistem ini melakukan pengecekan nilai 1 dengan 2, lalu 2 dengan 3 samapai dengan data terakhir, bila nilai index yang lebih kecil lebih besar maka akan dilakukan pertukaran. proses ini dilakuan hingga jumlah data dikurangi 1 atau sampai program tidak melakukan pertukaran. jadi waktu untuk melakukan proses sorting lebih cepat.

Sebenarnya jika kita ingin mengimplementasikan teknik sorting ini ke dalam suatu bahasa pemograman, yang paling penting adalah, kita terlebih dahulu harus memahami konsep dari teknik Sorting itu sendiri. berikut caranya :

Untuk contoh sorting yang paling sederhana ialah :

Anggaplah kita punya nilai yaitu:
nilai [1]=15;
nilai [2]= 9;
Disini kita ingin mengurutkan dengan menggunakan teknik Ascending(pengurutan dari nilai terkecil ke nilai terendah). Tentunya kita ingin menukar kedua angka itu yaitu
nilai[1]=9;dan
nilai[2]=15
Kita tidak bisa melakukannya dengan cara seperti ini.
Demikian juga dengan bentuk ini :
nilai[1]=nilai[2]
nilai[2]=nilai[1], kalau seperti ini program tak akan bekerja.

Pemahaman langkah pertama yaitu dengan cara nilai yang tersimpan pada “nilai[1]” akan dihapus, dan kemudian diganti dengan nilai yang tersimpan pada “nilai[2]“. Sehingga sekarang antara “nilai[1] dan nilai[2]” punya nilai yang sama. Tapi yang terjadi dengan nilai[1] adalah nilai tersebut telah hilang. Dalam penukaran dua variabel, kita harus mendefinisikan variabel ke-tiga, yaitu sebuah temporary yang memegang nilai variabel agar nilai tersebut tidak hilang. Ia akan menjaga proses pembarteran nilai agar salah satu nilai tidak hilang.

Misalnya:
//Pertukaran Variabel
temp = nilai[1]; //pemegang variabel agar tidak hilang”temp”
nilai[1] = nilai[2];
nilai[2] = temp;

Proses pertukaran ini akan berhasil dilakukan sesuai pemahaman teknik sorting, dan pertukaran berhasil dilakukan tanpa nilai yang hilang.

SEARCHING

Dalam pencarian data juga terdapat beberapa jenis algoritma, tujuan dari adanya banyak algoritma yang di temukan adalah karena memiliki keuntungan-keuntungan tersendiri, seperti lebih cepatnya bila mengolah data yang jumlahnya lebih dari juta data, ada yang lebih efisien dengan jumlah kurang dari jutaan. serta ada pula yang tidak perlu untuk mengurutkan data terlebih dahulu, tetapi memakan waktu lebih lama.

1. Line Search. teknik searching ini dibuat dengan cara melakukan pengecek’an 1 persatu, yaitu antara data yang di cari dengan kumpulan data yang di miliki, Keuntungan metode ini adalah kita tidak perlu mengurutkan data yang ada, bila mencari data pada kumpulan data yang tidak urut hanya terdapat metode ini yang dapat di lakukan.

2. Binnary Search. teknik ini hanya dapat digunakan hanya pada kumpulan data yang sudah di urutkan, karena teknik ini melakukan pencarian dengan mencari data pada index yang tengah, apakah lebih besar/lebih kecil/sama dengan. bila hasil sama dengan maka nilai yang di cari telah di temukan. bila lebih kecil/lebih besar maka akan di buang setengah data dari yang salah, dan mencari dari indeks yang tengah dari sisanya. demikian samapi data ditemukan atau tidak di temukan.

3. Fibonachi Search. Teknik ini hanya dapat digunakan hanya pada kumpulan data yang sudah di urutkan, karena teknik ini melakukan pencarian dengan mencari data melalui pola bilangan fibonachi. Bila pada binnary search pembandingnya adalah nilai pada index tengahnya jumlah data, pada fibonachi search berbeda yaitu: bilangan fibonachi, yang bilangan fibonachinya terdekat dengan jumlah data tetapi tidak lebih besar dari jumlah data yang akan di proses. Bilangan fibonachi itu di jumlahkan dengan batas paling awal data dikurangi 1. Contohnya: jumlah data yang akan di cari adalah 15, maka batas paling bawah adalah 1 dan batas paling akhir=15 dan index pembandingnya= 13(nilai awal + dijumlahkan Bilangan fibonachi – 1) karena bilangan fibonachi terdekat dengan 15 (data ke 1- data ke 15) adalah 13 (1,2,3,5,8,13,21,34…..), bila data yang di cari lebih besar dari bilangan indeks ke tengahnya maka. batas paling bawah= tetap, batas akhir nilai tengah-1, bila data yang dicari lebih kecil maka batas bawah = nilai tengah +1 dan batas akhir tetap, sedangkan nilai tengahnya memakai fungsi tadi.

Apa Itu Resistor ?

Pada dasarnya semua bahan memilki sifat
resistif namun seperti bahan tembaga,perak, emas dan bahan metal umumnya memiliki resistansi yang sangat kecil. bahan-bahan tersebut memilki arus listrik dengan baik, sehingga dinamakan konduktor. kebalikan dari bahan y
ang konduktif, yaitu bahan material seprti karet, gelas, karbon memilki resistansi yang lebih besar menahan aliran elektron sehingga disebut isolator.
Resistor adalah komponen elektronik dua
saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya. resistor bersifat resistif dan umumnya terbuat dari bahan karbon. satuan resistansi dari resistor disebut Ohm.
menurut hukum Ohm :
V = I. R
I = V / R
Didalam rangkaian elektronika, resistor dilamangkan dengan huruf "R" dilihat dari bahannya, ada beberapa jenis resistor yang ada dipasaran antara lain : potensiometer, rheostat, trimmer (trimmpot). selain itu ada juga resistor yang nilai resistansinya berubah bila terkena cahaya namanya LDR (Light Dependent Resistor) dan resistor yang nial resistansinya akan bertambah besar bila terkena suhu panas naman
ya PTC (Positive Thermal Coefficient) serta resistor yang nilai resistansinya akan bertambah kecil terkena suhu panas namanya NTC (Negative Thermal Coefficient)
Ciri-ciri umum dari suatu resistor adalah gel
ang-gelang warna yang tertera pada bidinya seperti gambar dibawah ini :




masing-masing dari warna resebut mengandung suatu nilai ukuran sesuai tabel warna yang sudah ditentukan dan satuannnya adalah OHM.
Fungsi resistor dapat diumpamakan dengan sekeping papan yang dipergunakan untuk menahan aliran air yang deras diselokan/parit kecil. makin besar besar nilai tahanan maka makin kecil arus dan tegangan listrik yang melaluinya. adapun fungsi lain dalam rangkain elektronika, antara lain :
a. menahan arus listrik agar sesuai dengan kebutuhan suatu rangakaian elektronika,
b. menurunkan tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan dengan oleh rangkaian elektronika,
c. membagi tegangan, dll
Untuk resitor jenis carbon maupun metalfilm biasanya digunakan kode-kode warna sebagai petunjuk besarnya nilai resistansi (tahanan) dari resistor. Resistor in mempunyai bentuk seperti tabung dengan kaki kiri dan kanan, pada badannya terdapat lingkaran membentuk cincin kode warna, kode ini untuk mengetahui besar resistansi tanpa harusmengukur besarnya dengan ohmmeter. kode warna teersebut adalah standart manufaktur yang dikeluarkan oleh EIA (Elektronic Industries Association)
Besarnya suatu resistansi pada suatu resistor dibaca dari posisi cinci yang paling depan kearah cincin toleransi. Biasanya posisi cincin toleransi ini berada pada badan resistor yang paling pojok atau juga pada badan yang menonjol, sedangkan posisi pada cincin yang pertama agak mendalam. Dengan demikian pemakai sudah langsung mengetahui berapa toleransi dari resistor tersebut. kalau kita telah bisa menentukan cincin yang pertama selanjutnya adalah membca resistansinya.
Jumlah cincin yang melingkar pada umumnya sesuai dengan besar toleransinya. Biasanya resistordengan toleransi 5%, 10% atau 20% memiliki 3 cincin ( tidak termaksud toleransi). tetapi resistor dengan toleransi 1% atau 2% (toleransi kecil)memiliki 4 cincin (tidak termaksud toleransi). cincin pertama dan seterusnya berturut-turut menunjukkan besaran nilai satuan, dan cincin terakhir adalah faktor pengalinya.

Apa Itu Mikrokontroler ?

Suatu kontroler digunakan untuk mengontrol suatu proses atau aspek-aspek dari lingkungan. Satu contoh aplikasi dari mikrokontroler adalah untuk memonitor rumah kita. Ketika suhu naik kontroler membuka jendela dan sebaliknya. Pada masanya, kontroler dibangun dari komponen-komponen logika secara keseluruhan, sehingga menjadikannya besar dan berat. Setelah itu barulah dipergunakan mikrokprosesor sehingga keseluruhan kontroler masuk kedalam PCB yang cukup kecil. Hingga saat ini masih sering kita lihat kontroler yang dikendalikan oleh mikroprosesor biasa (Zilog Z80, Intel 8088, Motorola 6809, dsb). Proses pengecilan komponen terus berlangsung, semua komponen yang diperlukan guna membangun suatu kontroler dapat dikemas dalam satu keping. Maka lahirlah komputer keping tunggal (one chip microcomputer) atau disebut juga mikrokontroler. Mikrokontrolere adalah suatu IC dengan kepadatan yang sangat tinggi, dimana semua bagian yang diperlukan untuk suatu kontroler sudah dikemas dalam satu keping, biasanya terdiri dari:

1. CPU (Central Processing Unit)

2. RAM (Random Access Memory)

3. EEPROM/EPROM/PROM/ROM

4. I/O, Serial & Parallel

5. Timer

6. Interupt Controller

Rata-rata mikrokontroler memiliki instruksi manipulasi bit, akses ke I/O secara langsung dan mudah, dan proses interupt yang cepat dan efisien. Dengan kata lain mikrokontroler adalah " Solusi satu Chip" yang secara drastis mengurangi jumlah komponen dan biaya disain (harga relatif rendah).

2. Aplikasi Yang Dapat Dilakukan Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bisa

ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya. Mikrokontroler biasanya digunakan untuk peralatan yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Walaupun mungkin ada diantara kita yang membayangkan untuk mengontrol oven microwave dengan menggunakan sistem berbasis Unix, mengendalikan oven microwave dapat dengan mudah menggunakan mikrokontroler yang paling kecil. Dilain pihak jika kita ingin mengendalikan rudal guna mengejar anjing tetangga yang selalu menyalak ditengah malam, kita akan memerlukan prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sifat spesial dari mikrokontroler adalah kecil dalam ukuran, hemat daya listrik serta flexibilitasnya menyebabkan mikrokontroler sangat cocok untuk dipakai sebagai pencatat/perekam data pada aplikasi yang tidak memerlukan kehadiran operator.

3. Jenis Yang Dapat Dipilih Mikrokontroler tersedia dalam beberapa pilihan, tergantung dari keperluan dan kemampuan yang diinginkan. Kita dapat memilih mikrokontroler 4, 8, 16 atau 32 bit. Disamping itu terdapat pula mikrokontroler dengan kemampuan komunikasi serial, penanganan keyboard, pemroses sinyal, pemroses video dll. 4.Jika kita bertanya apa perlunya kita mempelajari mikrokontroler, tabel diatas akan sedikit banyak memberikan gambaran tentang bisnis mikrokontroler yang akan menghasilkan banyak tumpukan rupiah dimeja kita. Suatu survey di Amerika menyatakan bahwa rata-rata terdapat 35 buah mikrokontroler yang digunakan pada satu rumah di Amerika, dan diperkirakan akan menjadi 240 pada tahun 2000.

4. Pertimbangan Pemilihan Mikrokontroler Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis mana yang akan dipergunakan dalam disain kita yaitu seperti berikut:

v Ketersediaan dan harga dari suatu development tools (Programmer, Emulator dan Simulator)

v Ketersediaan dokumentasi (Ref. Manual, Application notes, dan buku lainnya).

v Ketersediaan tempat bertanya.

v Ketersediaan komponen OTP, Mask, dan Programmable.

5. Produsen Mikrokontroler Dibawah ini adalah daftar produsen besar dari mikrokontroler dan unit yang terjual (dalam ribuan).

Company (Units x 1000)

Motorola (358,894)

Mitsubishi(71,674)

NEC (70,180)

Hitachi (67,873)

Philips (56,680)

Intel (46,876)

SGS-Thomson (37,350)

Microchip (35,477)

Matsushitta (34,200)

Toshiba (32,205)

National Semiconductor (31,634)

Zilog (31,000)

Texas Instruments (29,725)

Siemens (20,874)

Sharp(17,505)

SOURCE: DataQuest June 1994.

6. Hal-Hal Mengenai Mikrokontroler

v Tehnik fabrikasi

CMOS - Complementary Metal Oxide Semiconductor ini adalah tehnik yang biasa dilakukan untuk memproduksi hamper semua mikrokontroler terbaru. Mikrokontroler CMOS memerlukan daya yang lebih rendah dibanding mikrokontroler yang dibuat dengan tehnik sebelumnya, sehingga memungkinkan untuk dioperasikan menggunakan batere. Chip CMOS juga memungkinkan dioperasikan pada fully atau mendekati fully static, yang berarti bahwa clock dapat diperlambat bahkan diberhentikan sehingga chip berada dalam kondisi (mode) sleep. CMOS juga lebih tahan terhadap noise dibandingkan cara fabrikasi sebelumnya.

v Arsitektur

Von-Neuman Architecure Mikrokontroler yang di disain berdasarkan arsitektur ini memilik sebuah data bus yang dipergunakan untuk "fetch" instruksi dan data. Program (instruksi) dan data disimpan pada memori utama secara bersama-sama. Ketika kontroler mengalamati suatu alamat di memori utama, hal pertama yang dilakukan dalah mengambil instruksi untuk dilaksanakan dan kemudian mengambil data pendukung dari instruksi tsb. Cara ini memperlambat operasi mikrokontroler. Harvard Architecture Arsitektur ini memilik bus data dan instruksi yang terpisah, sehingga memungkinkan eksekusi dilakukan secara bersamaan. Secara teoritis hal ini memungkinak eksekusi yang lebih cepat tetapi dilain fihak memerlukan disain yang lebih kompleks.

v Instruksi CISC

Saat ini hampir semua mikrokontroler adalah mikrokontroler CISC (Complete Instruction Set Computer). Biasanya memiliki lebih dari 80 instruksi. Keunggulan dari CISC ini adalah adanya instruksi yang bekerja seperti sebua makro, sehingga memungkinkan programmer untuk menggunakan sebuah instruksi menggantikan beberapa instruksi sedarhana lainnya. RISC Saat ini kecenderungan industri untuk menggunakan disain mikroprosesor RISC ( Reduced Instruction Set Computer). Dengan menggunakan jumlah instruksi yang lebih sedikit, memungkinkan lahan pada chip (silicon realestate) digunakan untuk meningkatkan kemampuan chip. Keuntungan dari RIS adalah kesederhanaan disain, chip yang lebih kecil, jumlah pin sedikit dan sangat sedikit mengkonsumsi daya. Dibawah ini adalah fature yang biasa dimiliki oleh RISC Processor: Harvard Architecture, memungkinkan akses yang program dan data yang bersamaan . Instruction Pipelining meningkatkan kecepatan eksekusi. Orthogonal instruktion set untuk kemudahan dalam programming, memungkinkan tiap instruksi untuk dioperasikan pada register atau digunakan pada beberapa mode pengalamatan, instruksi-instruksi tidak mempunyai kombinasi tertentu dan juga tanpa perkecualian.

7. Pilihan Memori EEPROM - Electrically Erasable Programmable Read Only Memory Beberapa mikrokontroler memiliki EEPROM yang terintegrasi pada chipnya. EEPROM ini dugunakan untuk menyimpan sejumlah kecil parameter yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Jenis memori ini bekerja relatif pelan, dan kemampuan untuk dihapus/tulis nya juga terbatas. FLASH (EPROM) FLASH meberikan pemecahan yang lebih baik dari EEPROM ketika dibutuhkan sejumlah besar memori non-volatile untuk program. FLASH ini bekerja lebih cepat dan dapat dihapus/tulis lebih sering dibanding EEPROM. Battery backed-up static RAM Memori ini sangat berguna ketika dibutuhkan memori yang besar untuk menyimpan data dan program. Keunggulan utama dari RAM statis adalah sangat cepat dibanding memori non-volatile, dan juga tidak terdapat keterbatasan kemampuan hapus/tulis sehingga sangat cocok untuk aplikasi untuk menyimpan dan manipulasi data secara lokal. Field programming/reprogramming Dengan menggunakan memori non-volatile untuk menyimpan program akan memungkinkan mikrokontroler tersebut untuk diprogram ditempat, tanpa melepaskan dari sistem yang dikontrolnya. Dengan kata lain mikrokontroler tersebut dapat diprogram setelah dirakit diPCBnya. OTP - One Time Programmable Mikrokontroler OTP adalah mikrokontroler yang hanya dapat diprogram satu kali saja dan tidak dapat dihapus atau dimodifikasi. Biasanya digunakan untuk produksi dengan jumlah terbatas. OTP menggunakan EPROM standard tetapi tidak memiliki jendela untuk menghapus programnya. Software protection Dengan "encryption" atau proteksi fuse, software yang telah diprogramkan akan terlindungi dari pembajakan, modifikasi atau rekayasa ulang. Kemampuan ini hanya dipunyai oleh komponen OTP atau komponen yang dapat diprogram ulang. Pada komponen jenis Mask ROM tidak diperlukan proteksi, hal ini dikarenakan untuk membajak isi programnya seseorang harus membacanya (visual) dari chip nya dengan menggunakan mikroskop elektron. Walaupun demikian pabrik mikrokontroler masih dapat membaca isi program guna memastikan bahwa mikrokontroler diprogram dengan tepat, atau biasa disebut "test mode". TEST MODE MEMUNGKINKAN KITA MEMBACA KESELURUHAN ISI ROM , tetapi hal ini tidak perlu dibesar-besarkan karena test mode ini bersifat SANGAT-SANGAT- SANGAT DIRAHASIAKAN dan hanya diketahui oleh pabrikan yang memproduksi mikrokontroler tersebut. Test mode hanya dapat dilakukan pada komponen Mask ROM.

8. Input/Output

UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter) adalah adapter serial port

adapter untuk komunikasi serial asinkron.

USART (Universal Synchronous/Asynchronous Receiver Transmitter)

merupakan adapter serial port untuk komunikasi serial sinkron dan asinkron.

Komunikasi serial sinkron tidak memerlukan start/stop bit dan dapat beroperasi pada

click yang lebih tinggi dibanding asinkron.

SPI (serial peripheral interface) merupakan port komunikasi serial sinkron.

SCI (serial communications interface) merupakan enhanced UART (asynchronous

serial port)

I2C bus (Inter-Integrated Circuit bus) merupakan antarmuka serial 2 kawat yang

dikembangkan oleh Philips. Dikembangkan untuk aplikasi 8 bit dan banyak

digunakan pada consumer electronics, automotive dan indistri. I2C bus ini berfungsi

sebagai antarmuka jaringan multi-master, multi-slave dengan deteksi tabrakan data.

Jaringan dapat dipasangkan hingga 128 titik dalam jarak 10 meter. Setiap titik dalam

jaringan dapat mengirim dan menerima data. Setiap titik dalam jaringan harus

memiliki alamat yang unik.

Analog to Digital Conversion (A/D). Fungsi ADC adalah merubah besaran analog

(biasanya tegangan) ke bilangan digital. Mikrokontroler dengan fasilitas ini dapat

digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan informasi analog (misalnya

voltmeter, pengukur suhu dll).

Terdapat beberapa tipe dari ADC sbb:

- Succesive Approximation A/D converters.

- Single Slope A/D converters.

- Delta-Sigma A/Ds converters.

- Flash A/D.

D/A (Digital to Analog) Converters. Kebalikan dar ADC seperti diatas.

Comparator. Mikrokontroler tertentu memiliki ssebuah atau lebih komparator.

Komparator ini bekerja seperti IC komparator biasa tetapi sinyal input/outputnya

terpasang pada bus mikrokontroler.

10. Interupsi

Interupt merupakan metode yang efisien bagi mikrokontroler untuk

memproses periperalnya, mikrokontroler hanya bekerja memproses periperal tsb

hanya pada saat terdapat data diperiperal tsb. Pada saat terjadi interupt,

mikrokontroler menunda operasi yang sedang dilakukan kemudian mengidentifikasi

interupsi yang datang dan menjalankan rutin pelayanan interupsi.

Rata-rata mikrokontroler memiliki setidak-tidaknya sebuah interupsi eksternal,

interupsi yang dimiliki bisa dipicu oleh "edge" atau "level". Edge triggered interupt

bekerja tidak tergantung pada pada waktu terjadinya interupsi, tetapi interupsi bisa

terjadi karena glitch. Sedangkan Level triggered interupt harus tetap pada logika high

atau low sepanjang waktu tertentu agar dapat terjadi interupsi, interupsi ini tahan

terhadap glitch.

Maskable Interrupts

Dengan maskable interupt kita dapat bebas memilih untuk menggunakan satu

atau lebih interupsi. Keuntungan maskable interupt inin adalah kita dapat

mematikan interupsi pada saat mikrokontroler sedang melakukan proses yang

kritis sehingga interupsi yang datang akan diabaikan.

Vectored Interrupts

Pada saat terjadi interupsi, interupt handler secara otomatis akan

memindahkan program pada alamat tertentu yang telah ditentukan sesuai

dengan jenis interupsi yang terjadi.

11. Mikrokontroler Populer

Dibawah ini dijelaskan beberapa mikrokontroler yang cukup populer. Untuk

menggunakan salah satu mikrokontroler ini pilihan yang paling tepat adalah

mikrokontroler yang memiliki dokumentasi yang baik serta development tools dengan

harga yang terjangkau. Untuk pemula atau hobyst, Intel 8051, Motorola 68hc11 atau

Microchip PIC adalah pilihan yang cukup baik.

v 8051 (Intel dan lainnya)

Arsitektur Harvard modified dengan alamat terpisah untuk memori program

dan data. Memori untuk program bisa dialamati hingga 64 K. Memori bawah

(4K, 8K atau 16K tergantung tipe) bisa terletak di chipnya. Mikrokontroler ini

memiliki 128 byte memori internal ditambah beberapa register (SFR), juga

bisa mengalamati hingga 64K memori eksternal untuk data.

Cukup banyak software baik software komersil maupin gratis untuk

mikrokontroler 8051 ini. Mikrokontroler ini memiliki banyak varian sehingga

mampu memenuhi keperluan yang bebeda. Diproduksi tidak hanya oleh Intel

tetapi beberapa pabrikan lainnya juga ikut memproduksi jenis mikrokontroler

ini.

v 6805 (Motorola)

Memiliki arsitektur Von Neuman dimana instruksi, data, I/O, dan timer

terdapat pada satu daerah memori. Stack pointer yang dimiliki adalah 5 bit

sehingga kedalaman stack terbatas hingga 32 byte. Beberapa mikrokontroler

dari keluarga ini memiliki ADC, PLL, Frq. Synthesizer, serial I/O dan

software security.

v PIC (MicroChip)

Mikrokontroler PIC merupakan mikrokontroler RISC yang pertama. Pada

umumnya RISC mengakibatkan kesederhanaan rancangan dan memungkinkan

untuk menambah kemampuanya dengan biaya yang rendah. Walaupun hanya

memiliki sedikit instruksi (33 instruksi untuk 16C5x), keluarga PIC memiliki

banyak keunggulan yang sudah merupakan bagian dari chip. Dengan bus

instruksi dan bus data yang terpisah (arsitektur Harvard), PIC memungkinkan

akses data dan program secara bersamaan sehingga menaikan kinerja

pemrosesannya. Keuntungan dari kesederhanaan rancangan ini adalah chip

yang sangat kecil, sedikit pin dan pemakaian daya yang sangat kecil.

Popularitas mikrokontroler PIC ini meningkat sangat cepat. Dengan harga

yang murah, ukuran kecil dan hemat pemakaian daya, pada saat ini

mikrokontroler ini digunakan juga pada pemakaian lain seperti sebagai

rangkaian logika. Terdapat tiga keluarga PIC pada saat ini yaitu PIC16C5x,

PIC16Cxx dan PIC17Cxx.

v Z8 (Zilog)

Z8 merupakan turunan dari Zilog Z80. Memiliki arsitektur unik merupakan

arsitektur gabungan dengan tiga daerah memori yaitu: program memori, data

memori dan CPU register file. Mikrokontroler ini memiliki UART, timer,

DMA, I/O hingga 40 buah pada chipnya. Versi lainnya memiliki sync/async

serial channel.

Keseluruhan mikrokontroler ini memiliki Stack RAM yang dapat dikonfigurasikan

dan sistem interupsi, dua timer programmable dengan interupt, proteksi ROM, dua

analog komparator

12. Software

Software untuk menggunakan mikrokontroler dapat didapatkan secara gratis

dengan mencari di WWW, tetapi software gratis biasanya tidak dilengkapi dengan

dokumentasinya. Software ini diantaranya adalah software untuk simulasi dan

software untuk pemrograman. Jika ingin lebih serius mendalami mikrokontroler

mungkin lebih baik untuk membeli software lengkap dengan dokumentasinya.

Jika PIC merupakan mikrokontroler yang dipilih, kita dapat mendownload software

yang diperlukan secara gratis di web microchip yaitu MPSIM (simulator), MPASM

(assembler).

13. Bahasa Pemrograman Bagi Mikrokontroler

BAHASA MESIN DAN ASSEMBLER

Bahasa mesin adalah satu-satunya bahasa yang dimengerti oleh

mikrokontroler. Bahasa ini tidak mudah untuk dimengerti oleh manusia. Sedangkan

bahasa assembly adalah suatu bentuk bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh

manusia. Setiap pernyataan dari bahasa assembly menggambarkan satu pernyataan

bahasa mesin. Sebagai contoh instruksi JMP (asal kata JUMP) akan lebih mudah

dimengerti dibandingkan instruksi B3H.

Pemrograman dengan menggunakan bahasa assembly/mesin menghasilkan

program yang kecil dan cepat. Hal ini dikarenakan kita sepenuhnya mengontrol kerja

dari program, tetapi tentu saja jika kita membuat program yang bertele-tele dan

berbelit akan menyebabkan program berjalan lambat.

Untuk orang yang pertama kali mempelajari mikrokontroler, akan lebih baik jika

mempelajari assembler terlebih dahulu sebelum mempelajari bahasa pemrograman

lainnya (mis: C). Dengan membuat program dengan assembler akan membimbing kita

memahami arsitektur dari mikrokontroler tsb.

KOMPILER

Compiler adalah penerjemah untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bekerja dengan cara menterjemahkan (mis pada PC) langsung ke bahasa mesin yang

dimengerti oleh mikrokontroler.

Salah satu compiler yang banyak dipergunakan saat ini adalah "C". "C" digunakan

pada mikrokontroler kecil hingga supercomputer. Walaupun program dengan C

sedikit sulit untuk dipahami (diakibatkan oleh gaya penulisan program yang berbeda

untuk tiap programer), C merupakan alat yang sangat flexible dan sangat membantu

pengembangan program. Bahasa ini adalah bahasa tingkat tinggi tetapi masih

memungkinkan kita akses langsung ke mesin. Saat ini terdapat beberapa compiler C

yang cukup murah dan bagus untuk pemrograman mikrokntroler terkenal. Kode

(bahasa mesin) yang dihasilkan oleh compiler ini cukup efisien (cepat dan kompak).

14. Alat Bantu Pengembangan

Memiliki software pemrograman belum mencukupi untuk mengembangkan

program bagi suatu mikrokontroler. Diperlukan pula software untuk mencari

kesalahan dalam pemrograman sbb:

SIMULATOR

Fungsi simulator adalah mensimulasikan atau menirukan kerja mikrokontroler

pada PC. Langkah-langkah yang dikerjakan serta apa yang terjadi ketika

program dijalankan dapat diamati dilayar PC. Disamping itu juga isi dari

register atau variabel dapat diisi atau diubah ketika program djalankan.

Simulator tidak dapat mensimulasi kehadiran interupsi secara baik, dan

biasanya program yang dijalankan jauh lebih lambat dibandingkan pada

keadaan sebenarnya.

DEBUGER RESIDEN

Debuger residen menjalankan program di mikrokontroler itu sendiri, dan pada

saat bersamaan menampilkan hasilnya pada komputer induknya (PC). Alat

bantu ini memiliki beberapa keunggulan seperti pada simulator dengan

kelebihan lain yaitu kita dapat melihat bagaimana program tersebut bekerja

pada target yang sebenarnya. Namun disisi lain, alat bantu ini memakai

sebagian sumber daya yang dimiliki oleh mikrokontroler seperti port

komunikasi (untuk komunikasi dgn PC), interupsi untuk untuk menjalankan

program perlangkah (single step) dan sejumlah memori untuk menyimpan

program dari debugger (bagian residen yang ditempatkan di target).

EMULATOR

Emulator adalah peralatan yang bekerja dengan berpura-pura sebagai

mikrokontroler dan pada saat bersamaan dia mengambil informasi untuk

ditampilkan. Emulator memberikan kontrol penuh pada target. Emulator ini

bisa berupa perangkat dengan display tersendiri atau merupakan pengantar

muka PC.

Jika cukup banyak dana yang dimiliki, emulator ini adalah alat yang benar-benar

diperlukan dalam mengembangkan suatu sistem.

Apa Itu GSM (Global System For Mobile Communication) ?




Seperti yang kita ketahui bahwa GSM sudah terkenal dimana-mana, apa lagi pada zaman yang sangat modern ini hampir setiap manusia di Indonesia mempunyai telepon seluler yang GSM. Sebelum GSM mungkin kita lebih mengenal yang namanay CDMA karena antar CDMA dan GSM memang sangat berbeda sekali walaupun pemakaiannya sama untuk berkomunikasi.
Jadi perbedaan dalam GSM dan CDMA salah satunya adalah masing-masing sistem cara beroperasinya seperti GSM sistem digital sedangkan CDMA sistem analog jadi masing-masing dikembangkan teknologinya.
pada pertengahan pada tahun 1991 jarinagn GSM telah muncul akan tetapi semua tidak seperti harapan karena perlahan-lahan peminat GSM telah tiada. dari situasi ini menunjukan bahwa tidak mudah untuk memasarkan GSM di masyarakat karena proses pengkajiannya memerlukan jangka waktu yang cukup lama.
pada akhirnya arah pengembangan GSM adalah DCS 1800 dengan alokasi frekuensi 1800 mhz, sehingga dapat menarik pelanggan yang lebih banyak yang semakin besar per satuan sel sehingga efeknya luas sel yang semakin kecil akan dapat menurunkan kekuatan daya pancar hand phone, maka bahaya radiasi yang timbul terhadap organ kepala, sebagaimana dikhawatirkan pada akhir-akhirnya, akan dapat dieliminasi.
Jaringan GSM
Alokasi frekwensi :
Transmit : 935 MHz - 960 MHz
Receive : 890 MHz - 915 MHz
Modulasi : TDMA (Time Division Multiple Access)
Caarier spacing : 200 KHz untuk 8 kanal
Jaringan GSM selular, terdiri atas :
1.MSC (Mobile Switching Center), sebagai switching system
2.BSS (Base Station Subsystem), sebagai pengirim dan penerima sinyal radio dari dan ke pelanggan
3.OS (Out Station), sebagai terminal pelanggan yang bersifat bergerak.
Keistimewaan dari GSM adalah adanya standardisasi interface antar masing-masing sub sistem.
Dengan demikian, GSM menjanjikan suatu sistem yang tidak harus dimonopoli oleh satu merek. Dalam arti bahwa Switching, Base Station, dan Out Station dapat berasal dari merek/pemasok yang berbeda. Kondisi ini jelas sangat menguntungkan pihak operator, karena tidak ada ketergantungan sama sekali terhadap satu supplier.
Ketidaktergantungan kepada satu pemasok tersebut memungkinkan karena adanya standardisasi yang jelas :
A Interface, antara MSC dengan BSS
A Bis Interface, antara BSC dengan BTS
Um Interface, antara BSS dengan Out Station.

Komputer dari Dahulu Hingga Sekarang


Perkembangan komputer pada saat ini sangatlah berkembang pesat buktinya, selama dua dekade terakhir ini telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak sepesat sejarah komputer elektronik. Pada masa orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.
komputer sudah bukan barang asing lagi bagi masyarakat penggunanya, namun sedikit yang mengetahui siapa penemunya, siapa yang memulai gagasan awal hingga dapat menghasilkanteknologi komputer tersebut, Tentunya manusia yang menemukan komputer tersebut adalahtidak kecil jasanya bagi masa-masa berikutnya, dimana penggunaan komputer tersebut telahdapat dinikmati oleh sebagian besar masyarakat dunia, sewajarnya si penemu tersebut mendapat penghargaan dan dikenang namanya dalam sejarah didunia ini. Menurut William S. Davis (Miami University ,1981), setelah manusia beralih dari sistim barter diganti dengan uang, kebutuhan akan angka, perhitungan, dan pemeliharaan data telah menjadi keharusan. Alat bantu penghitung pertama kali dikenal adalah “ABACUS� yang diperkenalkan di daratan Cina pada sekitar 2600 tahun Sebelum Masehi. Alat penghitung ini masih saja dipergunakan di beberapa negara di dunia. Dua abad berikutnya ada kemajuan dalam bidang listrik dan industri. yaitu penemuan listrik pada permulaan tahun 1800, dimana ilmu pengetahuan menemukan jawaban atas masalahnya sendiri. Pada tahun 1786, Galvani adalah orang pertama yang menemukan arus listrik, sulit dipercaya pada masa sebelum 1786, bahwa arus listrik ada. Pada 1800 battery basah pertama kali diciptakan. Pada tahun 1834, telah ada pembangkit arus dengan battery, magnit listrik, pembangkit listrik mesin pembangkit berputar dan mesin listrik telah diketemukan. Hal tersebut diawali dengan tidak ada apa-apa tentang listrik sejak beberapa dekade sebelumnya. Dalam bidang ilmu dan teknologi, satu ide baru memungkinkan banyak ide baru, kadang-kadang menghasilkan lebih banyak lagi, berkembang lagi dan lagi, hingga pada suatu saat pengetahuan secara cepat berkembang dengan luar biasa. Lebih lanjut William S. Davis (1981), mengatakan, bahwa penemuan baru terjadi di Perancis dimana pada tahun 1806, seseorang bernama Joseph Jacquard menemukan alat penenun Jacquard, sebuah mesin penenun dikontrol oleh kartu-kartu (punched card). Jacquard tidaklah bermaksud menemukan komputer atau alat mekanik lain untuk berhitung, tetapi idenya mempergunakan punch card? untuk menyimpan data menjadi sumber ide yang dipergunakan secara nyata oleh penemu komputer berikutnya. Penemu komputer pertama pada awal abad 19 adalah Charles Babbage. Yang membangun suatu mesin penganalisa yang mampu melakukan perhitungan rumit pada saat yang bersamaan. Pada tahun 1843, dia merencanakan dengan terperinci sebuah mesin termasuk segala bagian-bagian terpenting dan berfungsi sebagai mesin komputer modern. Namun tidak terlaksana karena sarana dan kemampuan teknologi pada saat itu tidak dapat melayani kebutuhan. Semenjak masa Pascal dan Liebniz perkembangan teknologi menjadi sangat pesat tetapi belum cukup untuk menjawab tantangan-tantangan. Hasil karya Charles Babbage hampir dilupakan, tidak dibicarakan lagi hingga konsep-konsepnya dipergunakan kemudian oleh orang lain pada abad berikutnya.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Walaupun ukurannya berkurang drastis, tapi komputer pada generasi ke dua ini masih berukuran raksasa. Setidaknya masih seukuran dengan almari pakaian kita sekarang ini. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa kejayaan komputer pada saat itu.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen- komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Pada masa komputer yang terus bekrmbang pesat ini dapat dilakukan dengan sistem operasi didominasi oleh UNIX dan Windows. UNIX masih memenuhi pasaran untuk bidang komputer dengan spesifikasi besar, tapi Windows lebih berkecimpung di bidang komputer kecil-kecil, atau komputer kantor dan rumahan. Walaupun pada masa ini Windows masih berbasis text dengan DOS (Disk Operating System) dan berkembang menjadi Windows 3.1. yang masih sangat minim grafisnya dibandingkan dengan Apple Macinthos.
Kalau pada saat ini komputer sudah nggak aneh lagi kita bayangkan. Komputer pada masa ini adalah komputer yang kita lihat sekarang dengan berbagai keunikan dan kecanggihan.

Komputer generasi ke empat ini menggunakan microprocessor yang lebih kecil dan dapat bekerja lebih cepat. Untuk intel mulai dari intel i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core. Kesemuanya ini berkembang sesuai irama perkembangan dunia teknologi informasi yang terus bergejolak seolah tak ada henti-hentinya untuk mengembangkan daya kreasi dan inofasi.
Munkin rencana masa depan komputer nantinya adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer yang lebih maju lagi Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.